sahabat

Harus sedikit makan di malam hari



Seringkali ketika kita begadang baik itu bersama teman ,nonton bola di tv atau ada kegiatan lain yang menyebabkan perut lapar sehinga banyak makan dimalam hari. makan diwaktu malam juga  lebih sering dikaitkan dengan stres atau masalah emosional dibanding dengan rasa lapar sesungguhnya. Kita letih, kesepian, bosan, tegang.Kita ingin relaks dan memanjakan diri sendiri dengan makanan, setelah bekerja keras sepanjang hari. Sayangnya, mengkonsumsi terlalu banyak makanan pada malam hari dan malam-malam berikutnya, menyebabkan kenaikan berat badan yang tadinya bersifat sementara, jadi permanen.



Penelitian telah membuktikan, mereka yang melewati sarapan atau makan siang dan porsi makan malamnya menjadi lebih besar, memiliki metabolisme yang lebih rendah. Dengan makan ringan pada malam hari Anda memperoleh dua manfaat sekaligus,Kita bangun tidur dengan perut yang lebih rata, dan Kita memiliki nafsu makan yang lebih baik di pagi hari.

Coba tips berikut ini :

- Makan lima kali sehari.
Tubuh Kita membutuhkan makanan setiap 3-4 jam. Jadi daripada makan tiga porsi besar sehari, coba untuk makan dengan porsi yang lebih kecil, 5 kali sepanjang hari (sarapan, snack, makan siang, snack, makan malam) Dengan cara ini perut tetap penuh dan berenerji.

- Makan dua per tiga dan kebutuhan kalori Kita sebelum makan malam.
tubuh Kita memerlukan kalori saat aktif, bukan malam hari saat irama tubuh Kita menurun. Pastikan Kita mengkonsumsi sarapan, makan siang, dan makan malam, agar ritme metabolisme tetap terjaga.

- Apabila Kita harus makan malam karena merasa lapar atau memenuhi undangan, pilih buah, sayuran dan makanan lain yang rendah lemak, kalori, dan garam

Berbagai sumber 1 komentar

Seandainya Bisa Memilih













Dari jauh lubuk hatiku

Jiwaku resah mencari tahu
Apa yang sedang kurasakan kini
Terguncang aku mengingat Engkau


 
 Seandainya aku masih bisa memilih
Akan kupilih Engkau sebagai kekasih sejatiku
 Betapa semua harapan hanya untukMu

 Akan kupahat namaMu dalam pusara hatiku

 
Kaulah rahasia terbesar hidupku
Yang takkan mungkin aku ungkapkan
Kusimpan erat perasaanku
Meski ajal menanti






0 komentar

Manfaat koran bekas




pernah kebayang tida memanfaatkan koran bekas yang menumpuk di rumah kita Sangat disayangkan untuk dibuang, tapi untuk menyimpannya pun membutuhkan tempat khusus. Kalau dihitung rata-rata satu kali terbitan ada 24 lembar. Berapa lembar yang kita kumpulkan selama satu minggu, satu bulan, tiga bulan, bahkan satu tahun? Tentu tidak cukup tempat kalau kita hanya menumpuknya di bawah meja.



Ada beberapa cara untuk memanfaatkan koran bekas, antara lain :


1. Dijual ke penadah untuk didaur ulang Anda bisa menjual koran bekas ke tukan loak dengan harga sekadarnya
Atau membentuknya menjadi sebuah kerajinan yang menarik, dan hasilnya bisa Anda banggakan bahkan mungkin bisa bernilai jual yang lebih tingi.
2. Digunakan untuk sampul buku, dll
Sampul buku atau majalah bisa pake kertas ubi yang warna kuning. Namun sampul koran juga bisa keren. Gunakan bagian-bagian dimana ada foto-foto berwarna
3. Dimanfaatkan untuk membuat karya seni
Koran bekas bisa jadi ajang Kreatifitas bagi siapa saja. Ada berbagai macam karya seni yang bisa dibuat dari bahan koran bekas. Misalnya, lukisan timbul, topeng, tempat tisue dan masih banyak lagi.
4. Pembersih Kaca
Untuk membersihkan kaca, koran cukup baik. Semprotkan cairan pembersih kaca kemudian keringkan dan gosok-gosok dengan menggunakan koran bekas. Noda-noda di kaca pun langsung hilang.
5. Penghilang Bau
Bila anda memiliki sepatu yang bau, masukkan potongan-potongan koran.
6. Pac king
Koran biasa juga digunakan sebagai peredam untuk packing barang-barang pecah belah seperti keramik, kaca, dll.
7. Perlengkapan tambahan di mobil
Koran bekas dapat digunakan untuk alas kaki di mobil untuk membersihkan alas kaki anda yang basah, kotor.
8. Wadah sampah makanan
Bila anda makan makanan yang bersisa seperti makan kepala ikan, kepiting, udang dsb, anda dapat menggunakan koran sebagai alasnya sehingga dapat langsung dibuang
9. Pembungkus
Satu lagi kegunaan koran yang tak kalah pentingnya, yaitu membungkus buah-buahan anda di pohon. Ketika buah semakin besar, maka membungkusnya dengan koran dapat membantu buah lebih cepat tua dan matang menghindarinya dari kontak langsung dengan sinar matahari atau hama lainnya,semoga bermanfaat
sumber dari kapanlagi.com
23 komentar

apel Jawa.


Sepintas bentuk buahnya mirip buah apel, tak jarang disebut apel Jawa. Penampilan kulitnya yang ditempeli serbuk putih, banyak orang menjuluki kesemek sebagai buah centil yang dianggap suka berbedak.

Kesemek memiliki nama ilmiah Diospyros kaki yang diperkirakan berasal dari Republik Rakyat Cina, kemudian menyebar ke Kepang pada zaman purba dan dibudidayakan. Di Indonesia, tempat lain yang menghasilkan kesemek diantaranya Sumatera Utara, khususnya wilayah Brastagi, Jawa Barat dan Jawa Timur ditanam pada daerah tinggi dipegunungan.

Manfaat dan Kandungan Gizi

Berdasarkan riset banyak sumber, diketahui ternyata didalam buah kesemek tersimpan banyak zat kimia hebat. Diantaranya terdapat senyawa antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker, menjaga tekanan darah dan juga menghambat proses penuaan dini.
Mengkonsumsi kesemek dapat menghilangkan dahaga, menyehatkan paru - paru dan menguatkan limpa.

Satu hal penting, mengkonsumsi kesemek setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.

Buah kesemek mengandung 19,6 % karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa 0,7 % protein, vitamin A dan kalium. Setiap 100 gram kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 gram, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg dan asam askorbat 20 mg.

Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar atau dapat diolah sebagai campuran kudapan. Yang terpenting petik atau beli buah kesemek yg warna kulitnya sudah berubah menjadi kuning.

Sumber : Tabloid Lezat

13 komentar

Keris Kyai Setan Kober


Keris Kyai Setan Kober merupakan sebilah keris pusaka luk 13 yang diciptakan oleh Mpu Bayu Aji pada zaman kerajaan Pajajaran (1150). Mpu Bayu Aji adalah seorang mpu yang sangat mumpuni dan berpengatahuan sangat luas. Beliau juga mempunyai murid-murid dari bangsa jin dan siluman karena tempat tinggal sang mpu berada di tepi hutan yang sangat angker di daerah Cirebon. Karena kewaskitaan beliau, banyak dari golongan para jin yang selalu ingin menimba ilmu dan mengabdi padanya. Sang mpu merasa jengkel karena sangat sering mendengar rengekan para jin yang ingin berguru padanya.

Hingga suatu hari sang mpu tengah menciptakan sebilah keris pusaka luk 13. Ketika sang mpu sedang mengheningkan cipta untuk memasukkan daya magis pada keris tersebut, konsentrasinya terganggu gara-gara rengekan para jin. Akhirnya keris pusaka tersebut menjadi tidak sempurna, dan dinamakan sebagai Keris Kyai Setan Kober. Karena tercipta akibat daya panas dan ambisi yang besar. Konon keris ini pernah jatuh ke tangan Arya Penangsang, Adipati Jipang – Panolan, pada masa Kerajaan Demak Bintoro (1521 – 1546)

waktu itu  Arya Penangsang kemudian mengirim empat orang utusan membunuh saingan beratnya, yaitu Hadiwijaya, menantu Sultan Trenggana yang menjadi bupati Pajang. Meskipun keempatnya dibekali keris pusaka Kyai Setan Kober,  maka ketika ke empat suruhan Arya penangsang masuk ke kamar Sultan terbangau dan melemparkan selimutnya ke arah ke empat suruhan Arya penangsang dan terjadilah perkelahian  dan  dapat dikalahkan Hadiwijaya setelah mengaku dan Hadiwijaya memaafkanya dan memberikan sejumlah uang
Hadiwijaya ganti mendatangi Arya Penangsang untuk mengembalikan keris Setan Kober. Keduanya lalu terlibat pertengkaran dan didamaikan Sunan Kudus. Hadiwijaya kemudian pamit pulang, sedangkan Sunan Kudus menyuruh Penangsang berpuasa 40 hari untuk mendinginkan amarahnya yang labil.

Dalam perjalanan pulang ke Pajang, rombongan Hadiwijaya singgah ke Gunung Danaraja tempat Ratu Kalinyamat bertapa. Ratu Kalinyamat mendesak Hadiwijaya agar segera menumpas Arya Penangsang. Ia yang mengaku sebagai pewaris takhta Sunan Prawoto berjanji akan menyerahkan Demak dan Jepara jika Hadiwijaya menang.

Hadiwijaya segan memerangi Penangsang secara langsung karena merasa sebagai sesama anggota keluarga Demak. Maka diumumkanlah sayembara, barangsiapa dapat membunuh bupati Jipang tersebut, akan memperoleh hadiah berupa tanah Pati dan Mataram.

Kedua kakak angkat Hadiwijaya, yaitu Ki Ageng Pemanahan dan Ki Panjawi mendaftar sayembara. Hadiwijaya memberikan pasukan Pajang untuk membantu karena anak angkatnya, yaitu Sutawijaya (putra kandung Ki Ageng Pemanahan ikut serta.

Ketika pasukan Pajang datang menyerang Jipang, Arya Penangsang sedang berpesta merayakan keberhasilannya berpuasa 40 hari. Surat tantangan atas nama Hadiwijaya membuatnya tidak mampu menahan emosi. Meskipun sudah disabarkan Arya Mataram, Penangsang tetap berangkat ke medan perang.

Perang antara pasukan Pajang dan Jipang terjadi di dekat Bengawan Sore. Perut Penangsang robek terkena tombak Kyai Plered milik Sutawijaya. Meskipun demikian Penangsang tetap bertahan. Ususnya yang terburai dililitkannya pada gagang keris yang terselip dipinggang.

Sutawijaya terkesan menyaksikan betapa gagahnya Arya Penangsang dengan usus terburai yang menyangkut pada hulu kerisnya. Ia lalu memerintahkan agar anak laki-lakinya, kalau kelak menikah meniru Arya Penangsang, dan menggantikan buraian usus dengan rangkaian atau ronce bunga melati, dengan begitu maka pengantin pria akan tampak lebih gagah, dan tradisi tersebut tetap digunakan hingga saat ini.

Penangsang berhasil meringkus Sutawijaya. Saat mencabut keris Setan Kober untuk membunuh Sutawijaya, usus Arya Penangsang terpotong sehingga menyebabkan kematiannya.


Sayembara menumpas Arya Penangsang tahun 1549 merupakan pengalaman perang pertama bagi Sutawijaya. Ia diajak ayahnya ikut serta dalam rombongan pasukan supaya Hadiwijaya merasa tidak tega dan menyertakan pasukan Pajang sebagai bala bantuan. Saat itu Sutawijaya masih berusia belasan tahun.

Akan tetapi sengaja disusun laporan palsu bahwa kematian Arya Penangsang akibat dikeroyok Ki Ageng Pamanahan dan Ki Panjawi, karena jika Sultan Hadiwijaya sampai mengetahui kisah yang sebenarnya (bahwa pembunuh Bupati Jipang Panolan adalah anak angkatnya sendiri), dikhawatirkan ia akan lupa memberikan hadiah.

Diambil dari beberapa sumber


10 komentar

MENGATASI TUBUH LETIH DAN LESU


Apakah kita sering letih dan lesu untuk mengatasi tubuh letih dan lesu minumlah jus wortel.
Wortel (daucus carota) adalah sayuran yang popular dan banyak digemari oleh anak-anak. Biasanya, wortel diidentikkan dengan makanan kelinci. cicici
Tapi, terbukti, wortel memang mengandung banyak vitamin A dan betakaroten.

Sebuah penelitan menunjukkan, mengkonsumsi wortel sedikitnya lima kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 68 persen bila dibandingkan yang makan wortel satu kali dalam sebulan.

Khasiat antistroke tersebut juga ditimbulkan karena aktivitas beta karoten yang mencegah terjadinya plak atau timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Beta karoten merupakan pigmen paling aktif apabila dibandingkan dengan alpha dan gamma karoten. Biasanya beta karoten lebih dikenal sebagai provitamin A yang akan menjadi vitamin A pada dinding usus halus.

Biasanya, kita mengetahui bahwa wortel sangat bagus untuk kesehatan mata. Tapi, ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata saja. Wortel juga bagus untuk mengatasi tubuh yang letih dan lesu.

Bahan:

- Wortel segar

- Jeruk nipis, ambil airnya

- Madu

Petunjuk: blender wortel bersama dengan air jeruk nipis sampai halus. Setelah itu, campurkan dengan madu 1-2 sendok. Bisa juga ditambah dengan es batu.

sumber : pondokibu.com

10 komentar

Pasar Gembrong


Pasar itu berada dipertigaan dua jalan besar, yaitu Jalan Achmad Yani dan Jenderal Basuki Rahmat. Tak jauh dari tempat itu, terdapat Universitas Mpu Tantular dan Pasar Cipinang Baru. Meski dinamakan pasar, namun lokasi itu tak seperti pasar, karena hanya berupa deretan bangunan semi permanen dipinggir jalan raya.

Dan jangan membayangkan bangunan berupa kios-kios ini akan menjual berbagai ragam yang biasa terdapat di pasar. Karena yang dijual disini sebagian besar adalah mainan anak-anak, peralatan tulis menulis, pernak-pernik hiasan rambut dan aksesoris. Selain itu tempat untuk berjalan hanya cukup untuk dua orang. Tak heran, bila disini, orang kerap bersenggolan, baik badan maupun bokong.

Di Pasar Gembrong atau Pasar Prumpung atau Pasar Senggol ini, kalau bisa jangan membawa anak-anak. Karena sama saja menguras isi kantong Anda, karena harga yang ditawarkan di pasar ini bisa membuat mata mendelik dan silap mata. Mendelik bukan dalam artian karena harganya mahal, tetapi bingung karena mau ditawar berapa lagi.

Karena itulah, jangan heran kalau yang datang kesini tidak hanya kaum kaya raya yang uangnya bisa diibaratkan tak berseri, tetapi juga kalangan menengah kebawah. Dipasar ini disediakan permainan anak mulai dari mobil-mobilan (dari yang terkecil hingga terbesar) atau mobil Tamiya, boneka-boneka terutama barbie (dari yang termurah hingga termahal) dan segala pernak perniknya seperti baju barbie beraneka jenis, rumah-rumahan barbie, kendaraan barbie, dan tempat tidur serta meja hias barbie.

Selain itu dijual juga mainan seperti yoyo, ludo aneka jenis, peralatan mandi bola, kereta api dari yang lengkap dengan rel pendek atau panjang, kartu-kartu, atau pistol-pistolan. Sedangkan alat tulis, mulai dari buku tulis, buku gambar, pinsil dari yang termurah hingga termahal, pinsil warna berbagai jenis bahkan merek staedler ada, crayon hingga 36 warna, tempat pinsil, tempat minum, celengan berbagai jenis, karpet abjad berbagai warna, pulpen, penghapusan dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan untuk semua jenis barang itu bisa dikatakan murah alias miring. Bayangkan saja harga yang ditawarkan untuk satu jenis boneka barbie produk dari Cina, yang biasanya ada juga di mall-mall bukan penjual resmi boneka Barbie buatan Mattel, sekitar Rp 35 ribu, belum ditawar. Kalau kita pandai menawar satu boneka bisa dihargai sekitar Rp 15 ribu. Untuk boneka barbie buatan Mattel sendiri, dihargai sekitar Rp 150 ribu, bayangkan dengan harga boneka Barbie buatan Mattel yang berada di Mall Kelapa Gading yang mencapai Rp 200 - hingga Rp 250 ribu tanpa bisa ditawar tentu saja ! Belum lagi baju barbie yang dijual Rp 10.000 untuk 3 jenis pakaian.

Untuk harga peralatan tulis dan aneka mainan lainnya, juga tidak jauh berbeda. Apalagi jika Anda membelinya dengan partai besar atau grosiran. Bayangkan saja, untuk satu set tempat pinsil yang berisi pinsil, rautan dan penghapusan dihargai sekitar Rp 5000 dan jika Anda membelinya setengah lusin atau 12 biji maka harga perlusinnya bisa sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu, tempat tabungan (celengan) aneka macam 1 lusin dihargai Rp 150.000, persatuannya Rp 15 ribu. Dan kertas kado isi 10 jenis seharga Rp 6000.

Murahnya harga di Pasar Prumpung atau Pasar Gembrong atau Pasar Senggol ini membuat pasar ini selalu dipenuhi pembeli setiap harinya. Apalagi pada hari Sabtu, Minggu dan liburan, para pembeli tidak hanya para konsumen yang ingin lagi menjual barang yang dibeli dari pasar tersebut, tetapi juga konsumen yang membeli untuk kebutuhan pribadi. Oh ya, pasar ini buka dari pukul 07.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Seperti yang dilakukan Ajat, seorang pedagang aneka jenis aksesoris rambut dan perhiasan imitasi di kawasan Klender, Jakarta Timur. Menurut Ajat, sebelum tahu Pasar Prumpung, ia kerap membeli barang jualannya di wilayah Kota, tepatnya di Asemka, yang memang terkenal sebagai sorga barang grosiran. "Saya tuh dikasih tahu sama teman yang ternyata suka belanja di Pasar Prumpung dan bilang harganya gak jauh beda dengan Asemka. Karena katanya pemasok di Pasar Prumpung hampir sama dengan yang di Asemka. Karena lokasinya juga deket sama tempat tinggal saya di Klender, saya jadi belanja kesini aja setiap seminggu sekali," jelas Ajat yang berjualan di sekolah-sekolah di Klender.

Keuntungan yang didapat Ajat dari berjualan barang-barang tersebut cukup lumayan. Karena untuk para konsumen yang akan menjual kembali barang-barang yang dibeli di Pasar Prumpung, akan diberi harga khusus. "Apalagi kalau sudah kenal dan jadi pelanggan di satu tempat, kita bisa minta barang dulu trus bayarnya nanti bulanan. Enaknya lagi, untuk barang-barang tertentu bisa dikembaliin dan diganti baru kalau memang gak laku. Jadi kita ngejualnya enak," lanjut pria kelahiran Karawang ini. "Apalagi, anak-anak sekarang kan tau model dan suka tanya ada ikat rambut yang model baru. Untungnya di Pasar Prumpung, barang-barangnya gak ketinggalan jaman dan selalu ada model baru".

Pasar Prumpung sendiri sudah ada sejak tahun 1960-an. Dahulu di pasar ini merupakan pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam jenis sayuran, ikan, dan lainnya. Pada tahun 1998, seusai kerusuhan, beberapa warga sekitar Cipinang, mulai membangun kios disana. Awalnya hanya beberapa pedagang yang menjual mainan dan perlengkapan menulis namun kemudian berkembang menjadi grosiran hingga sekarang.

Saduran dari Indosiar
6 komentar

"Nagasasra dan Sabuk Inten" sebuah cerita silat Fenomenal


Pagi ini Aku menemukan situs cerita silat “Nagasasra dan Sabuk Inten” lho, karangannya S.H. Mintardja. Komplit! Dari seri pertama sampe seri terakhir! Asli!

Ada yang nggak tau Nagasasra sama Sabuk Inten? Ta’kasih tau, Nagasasra sama Sabuk Inten itu, konon, 2 batang keris pusakanya Mahesa Jenar. Kesaktiannya ta’pikir sebanding sama Golok Naga plus Pedang Langit yang membuat Thio Bu Ki berhasil jadi tokoh ngetop.

Sejujurnya aku belum pernah baca ceritanya. Tapi kata ibuku, cerita ini ngetop banget jaman dulu, selevel dengan cerita silat “Api di Bukit Menoreh”. S.H. Mintardja sendiri adalah pengarang cerita silat yang sudah senior banget. Maka, kalo ada yang sama-sama pengen mbaca “Nagasasra dan Sabuk Inten”, lihat di www.gajahsora.com
5 komentar

Nasi lengko


Nasi lengko adalah makanan khas masyarakat pantai utara (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya),Nasi lengko sebenarnya mirip dengan nasi pecel. Isinya berupa nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge,  bawang, daun kucai,irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang  atau kecap tergantung kesukaan kita  beserta taburan bawang goreng. cara membuatnya gampang murah sehat sarat akan protein dan serat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. bisa ditemani lauk pauk sesuai kesukaan kita cobalah oh ya hampir lupa tambahkan kerupuk biar lebih mantap
7 komentar

Gempa tidak merusak rumah adat





Gempa di Padang Sumatra Barat akhir-akhir ini pastilah melanda perkampungan dengan rumah-rumah tembok ini. Besar kemungkinan rumah-rumah gadang khas Minang akan tetap berdiri dengan anggunnya karena mereka dibangun dengan prinsip-prinsip yang ramah terhadap guncangan gempa bumi.

Begitu pula di Tatar Sunda. Ketika saya mengunjungi gempa di Tasikmalaya, kami mendapat suatu pemandangan yang kontras. Di sebuah kampung yang merupakan kampung campuran dimana masih terdapat rumah-rumah tradisional di sekeliling bangunan modern dengan design beton yang kokoh dan arsitektur modern.


Rumah-rumah panggung tradisional Sunda yang bertiang kayu dan berdinding bilik, masih tetapi berdiri tanpa rusak sedikitpun di sampingnya beberapa rumah “modern” bertembok yang hancur berantakan.

Penghuni rumah yang mempunyai dua jenis bangunan itu mungkin baru menyadari bahwa rumah panggungnya yang dianggap tertinggal dan kampungan, justru tersenyum ketika guncangan gempa bumi mengguncang hati para penghuninya.

3 komentar

Apa Yang Dilakukan Jika Ada Gempa Bumi?


Akhir-akhir ini banyak terjadi gempa bumi di Indonesia akibat aktifitas lempeng dan gunung berapi yang semakin meningkat. Kita tidak bisa tahu kapan bencana gempa bumi terjadi. Untuk mengantisipasi dan melakukan penyelamatan diri saat terjadi gempa bumi, apa saja yang perlu kita ketahui?

Di bawah ini adalah beberapa saran dan tips yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri dan melakukan hal-hal yang tepat selama dan setelah terjadi gempa bumi :


 Tanda- tanda Akan terjadinya gempa

* Lihat ke langit,

Kalau di langit kelihatan ada awan yang bentuknya seperti angin tornado atau seperti pohon atau seperti batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi.

Awan yang bentuknya aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi, sehingga gelombang elektromagnetis tersebut 'menghisap' daya listrik di awan, oleh karena itu bentuk awannya jadi seperti tersedot ke bawah. Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi belum tentu juga kalau ada awan seperti itu di langit berarti akan ada gempa. Bisa saja memang bentuknya seperti itu.

* Coba diuji medan elektromagnetis di dalam rumah.

- Cek siaran TV, apakah ada suara brebet-brebet ataukah tidak;
- Kalo ada mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi tidak transmit data;
- Coba minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak;
- Coba matikan aliran listrik. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun tak ada arus listrik.

Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet, lampu fax blinking, padahal sedang tidak transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala biarpun tidak ada arus listrik, itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak dapat dirasakan oleh manusia.

* Perhatikan hewan-hewan.

Cek apakah hewan-hewan seperti "menghilang", lari atau bertingkah laku aneh/gelisah. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.

Nah kalau tiga tanda-tanda itu ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Tiga tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar.

Walaupun demikian, adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu, tetap tidak bisa memastikan kapan gempa terjadi.
Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi, sebisa mungkin langsung melakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk.

Kalau skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang bisa puluhan meter, bisa juga hanya dua meter. Tapi biarpun hanya dua meter, gelombangnya tidak main-main. Kekuatannya dahsyat (seperti tidak habis-habis) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram.

Beberapa tanda akan terjadi gelombang tsunami adalah laut tiba-tiba menyurut dan burung-burung laut terbang dengan kecepatan tinggi ke arah daratan.

Kalau melihat dua tanda seperti itu, langsung selamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi. Tapi kalau tidak sempat lari sementara tsunami sudah di depan mata, jangan berlindung di balik bangunan yang terbuat dari tembok/beton, karena bisa hancur dan malah membahayakan orang yang berlindung. Sebisa mungkin berlindung di balik daerah rimbunan (pohon, tanaman, semak-semak, rawa). Karena kekuatan gelombang jadi terpecah dan tidak memusat kalau membentur semak.

PERSIAPAN
* Siapkanlah perlengkapan sebagai berikut :

1. Lampu sorot.
2. Baterai ekstra.
3. Radio portabel lengkap dengan baterainya.
4. Kotak dan isi P3K beserta buku petunjuknya. Siapkan pula obat-obat penting.
5. Makanan dalam kaleng.
6. Pakaian pelindung dan jas hujan.
7. “Sleeping bag” (kantong tidur).
8. Peluit.

* Perkokoh perabot rumah dan lepaskanlah benda yang mudah jatuh.
* Catat nomor telepon polisi dan BMG, serta pantau radio setiap saat.
* Pelajari dan latih cara-cara penyelamatan diri, siapkan jalur keluar dari gedung ke tempat aman.

Bila Berada Di Dalam Ruangan Rumah/Kantor

* Jangan panik dan jangan berlari keluar. Jika Anda berada di dalam rumah, berlindunglah di bawah meja atau tempat tidur, namun jika Anda berada di dalam kantor, jangan pernah menggunakan lift pada saat gempa berlangsung.
* Jika masih memungkinkan untuk meninggalkan area kerja, gunakanlah tangga darurat. Jangan berpikir untuk mematikan komputer atau membereskan hal-hal lainnya.
* Anda juga dapat berlindung di samping suatu benda yang kokoh (contoh : lemari kokoh, tempat tidur), dengan posisi meringkuk dan lindungi kepala dengan tangan Anda.
* Jauhi rak buku, lemari, jendela kaca, benda yang menggantung dan benda-benda lain yang mudah tergelincir.
* Pada saat evakuasi, lepaslah sepatu yang menggunakan hak tinggi.
* Jika Anda berada di kantor, berkumpulah di titik kumpul yang telah disepakati/diberitahukan sebelumnya.

Bila Berada Di Luar Ruangan Rumah/Kantor

* Jauhi bangunan tinggi, dinding, tebing terjal, pusat listrik dan tiang listrik, papan reklame, pohon yang tinggi dan sejenisnya.
* Usahakan dapat mencapai daerah yang terbuka.

Bila Sedang Mengendarai Kendaraan

* Segera hentikan kendaraan Anda di tempat yang terbuka.
* Jangan berhenti di atas jembatan atau dibawah jembatan layang/jembatan penyeberangan.
* Berlindunglah di samping mobil Anda.

10 komentar

Sindanglaut dilihat dari atas


1 komentar

Khasiat Buah Mentimun


Mentimun atau ketimun dibudidayakan dimana-mana, baik di ladang, halaman rumah atau di rumah kaca. Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang terus menerus. Pertumbuhannya memerlukan kelembaban udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan mendapat sinar matahari penuh dengan drainage yang baik. Ketimun sebaiknya dirambatkan ke para-para dan tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1.300 m dpl. Tanaman ini diduga berasal dari daerah pegunungan Himalaya di India Utara. Tanaman semusim, merayap atau merambat, berambut kasar, berbatang basah, panjang 0,5-2,5 m.

Tanaman ini mempunyai sulur dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun. Daun tunggal, letak berseling, bertangkai panjang, bentuknya bulat telur lebar, bertaju 3-7, dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi. Panjang 7-18 cm, lebar 7-15 cm, warnanya hijau. Bunganya ada yang jantan berwarna putih kekuningan, dan bunga betina yang bentuknya seperti terompet. Buah bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya hijau berlilin putih, setelah tua warnanya kuning kotor, panjang 10--30 cm, bagian pangkal berbintil, banyak mengandung cairan. Bijinya banyak, bentuknya lonjong meruncingi pipih, warnanya putih kotor. Daun dan tangkai muda bisa dimakan sebagai lalab mentah atau dikukus. Buahnya bisa dimakan mentah, direbus, dikukus atau disayur. Bisa juga dibuat acar atau dimakan bersama rujak. Banyak jenis ketimun yang ada di pasar, seperti ketimun biasa, ketimun krai, ketimun wuku, ketimun poan dan ketimun watang. Perbanyakan dengan biji.

Nama Lokal :
Bonteng, katimun, timun, temon, antemon, boyuk (Jawa); Dimu, timu, kadingir, kariri, karere, daka, koto (Sumatra); Kimuni, ancimun, cimen, ansimun, melike, laiseu (Sumatra); Betiak, betik, lepang (Kalimantan), Suai, bojo (Sulawesi);



Efek farmakologis : Buah: Penyegar badan, penyejuk, peluruh kencing, menghaluskan dan melemaskan kulit. Daun: Perangsang muntah.

Kandungan Kimia : Biji: Minyak lemak, karoten. Daun: Kukurbitasin C, stigmasterol. Buah juga mengandung sedikit saponin, enzym pencernaan, glutathione, protein, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C.

Penggunaan Untuk Obat :

1. Takanan darah tinggi:
2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Sariawan:
Setiap hari makan buah ketimun sebanyak 9 buah. Lakukan secara rutin.

4. Membersihkan ginjal:
Ketimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.

5. Demam:
Ketimun secukupnya dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan di atas perut.

6. Jerawat:
Buah ketimun dicuci lalu diiris-iris. Irisan ketimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan setiap hari.

2 komentar

Award KE3







Alhamdulillah..
Pertama saya pengen ucapin terima kasih buat Allah SWT,dan terima kasih buat sahabat blogger "RAJA SALAHUDDIN" yang sudah mempercayakan award ini kepada saya. Thanks juga buat semua sobat-sobat blogger yang selalu menginspirasikan dan memotivasi saya dalam berkarya.

Award ini juga akan saya dedikasi kan buat 10 sahabat blogger lainnya.

1.-astika.asteko -
2.Bisnis Oriflame Online Bersama M3-network
3.Coretan Jaiman
4.kanigoro pagelaranPramuka
5.PilihanSempurna.Com

Mohon maaf bila belum ada nama blog sahabat yang belum masuk,bukan maksud saya untuk membeda-bedakan Sahabat Blogger,karna kita semua sama "menulis untuk barbagi dengan sesama". .

1 http://astikaasteko.blogspot.com/
2 http://www.iin-winarti.blogspot.com/
3 http://niat-belajar.blogspot.com/
4 http://kanigoropagelaran.blogspot.com/
5 http://PilihanSempurna.Com/

LINK SOBAT YANG SALING BERMA'AFAN :

1. RISKI
2. DONNY
3. LORA AMIR HUSIN
4. Raja Salahuddin
5. Jadikanlah hari ini lebih baik lagi
6. masukkan nama dan linknya
6. dan seterusnya


Cara penggunaannya:

1. Cara penggunaannya cukup simpel yang perlu teman-teman lakukan setelah menerima Award ini adalah akan lebih baik lagi jika tidak ada hapus menghapus biarkan nama-nama tersebut di atas atau yang telah tertulis sebelumnya tetap ada.
2. Apabila sudah mencapai 5 nama maka ke 5 nama tersebut tidak usah di masukan link URL nya biarkan namanya saja tidak perlu di hapus (bagi penerima ke 6).
3. Dan pada nama ke 6 sampai ke 10 masukan Link URL nya. dan begitu juga seterusnya. cukup 20 NAMA BLOGGER saja yang ada Link URL nya.i penerima ke 11).
4. Setiap penerima harus memasukkan nama dan link urlnya.

Terima kasih semoga Award ini dapat di terima oleh Sobat blogger sebagai media silaturrahim . 2 komentar

Liburan lebaran di Cirebon

Liburan lebaran saya mudik ke Cirebon tepatnya di Sindang laut pertama berlibur ke desa Belawa yang memang dekat dengan desa ku disana saya dan keluarga meliat kura-kura yang banyak di desa tersebut
kura-kura di belawa memang langka sebab mempunyai perbedaan dalam hal: warna kulit batok hitam polos, bentuk batoknya cekung dan ukuran berat badannya. Sehingga kura-kura tersebut diduga termasuk kepada satwa langka yang perlu dilindungi.

KURA-KURA BELAWA (Amyda cartilaginea)
Nama Umum : Kuya
Nama Lain : Asiatic-softshell Turtle
Suku : Trionydae

Latar Belakang
Kura-kura Belawa adalah sejenis kura-kura langka sebab mempunyai perbedaan dalam hal: warna kulit batok hitam polos, bentuk batoknya cekung dan ukuran berat badannya. Sehingga kura-kura tersebut diduga termasuk kepada satwa langka yang perlu dilindungi.

Pertelaan
Kura-kura ini menginginkan hidup di daerah perairan tawar terutama di pegunungan. Ciri khas kura-kura Belawa yang paling menonjol adalah warna batok/tengkorak dan ukuran berat badannya.
Penampang dan ukuran kura-kura Belawa:
Warna balok hitam pekat dan polos
Bentuk batok cekung
Berat badan 20-80 Kg/ekor
Umur 2-50 tahun
Diameter badan 1 meter

Habitat dan Penyebaran
Kura-kura Belawa adalah kura-kura langka yang terdapat di Cirebon, itupun tidak di sembarang tempat. Hanya ada di Desa Belawa, di Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Cirebon, sekitar 200 kilometer dari kota Cirebon. Kura-kura Belawa termasuk hewan yang dilindungi oleh masyarakat setempat. Selain cerita keramat, keber-adaan Kura-kura Belawa juga dilindungi oleh sebuah mitos, ia tidak dapat dibawa keluar dari Desa Belawa. Apabila ada yang mencoba membawa keluar kura-kura itu, maka orang yang bersangkutan akan mendapat musibah.
Habitat kura-kura Belawa yaitu di darat dan di air. Untuk sehari-hari hidup di air, sedangkan untuk perkembangbiakannya yaitu bertelur di darat.
Kura-kura ini lebih senang hidup di air yang berlumpur, terkadang hanya berendam di dalam lumpur sepanjang harinya.

Makanan
Masyarakat memelihara kura-kura tersebut dengan diberi pakan berupa ayam, ikan asin dan singkong.

Perkembangbiakan
Kura-kura ini dalam perkembangbiakannya hampir sama dengan kura-kura lainnya yaitu melalui telur. Telur dari kura-kura tersebut pada saat ini diperjualbelikan oleh masyarakat sekitar daerah ter-sebut, oleh karenanya perlu dibuatkan suatu tempat yang memadai untuk kelangsungan hidupnya oleh pihak yang berwenang untuk menjaga kelestariannya. Hingga saat ini kura-kura tersebut terjaga dari kepunahan, karena didasarkan oleh masyarakat tabu untuk mengambil daging kura-kura dari tempatnya. Pada masa yang akan datang perlu dibuatkan habitat yang sesuai agar jenis satwa tersebut terhindar dari kepunahan.


Setelah itu saya pergi kedesa Babakan daerah Pelangon untuk melihat kera Menurut pandangan awam, kera-kera itu satwa biasa. Tapi menurut kacamata paranormal dan ‘orang pintar’, satwa berekor panjang ini sebagian terdiri siluman. Masa sih ?
Dari cerita turun-temurun, monyet-monyet ini berasal dari peliharaan Pangeran Kejaksaan. Ketika pangeran ini meninggal, kera-kera itu masih menetap di Kanoman Plangon, kemudian beranak pinak mencapai ribuan.

Apabila kita mulai menginjakkan kaki di kompleks Kramat, langsung akan disambut para ‘monyet’ ini. Agar mereka jadi sahabat, berilah mereka oleh-oleh beberapa ikat kacang rebus. Karena memang sudah terbiasa, mereka tak risih lagi berdekatan dengan manusia. Kalau pun ada yang hanya duduk-duduk, mereka selalu memandangi kita seolah-olah ingin menyapa atau mengajak bicara.

Komunitas kera ini dibagi menjadi 3 geng besar. Menetap di kompleks bagian barat, tengah dan timur. Masing-masing anggota kelompok tahu diri dengan tidak merambah daerah tetangganya. Plangon tak bedanya dengan ‘Keraton Kera’. Seperti umumnya kerajaan, kera-kera itu juga punya raja. Raja mereka berpostur tinggi besar dibanding rata-rata monyet. Sehari-hari hanya ongkang-ongkang di atas pucuk pohon jambu mengawasi rakyatnya. Jurukunci makam menamai raja kera itu dengan Werman. Sedang dua panglima-nya dinamai Dorji dan Acing.


Lebaran kedua saya pergi ke kota cirebon  dengan menggunakan Elf jurusan Ciledug -Cirebon yang lewat Sindang laut ,wah ternyata ongkos nya naik biasanya 3000 Rupiah menjadi 10000 Rupiah per orang 
Setelah di cirebon saya pergi ke plered ke desa Trusmi untuk melihat pengrajin batik yang ada di sana Lokasinya dari arah Plumbon atau Jakarta terus masuk ke arah kota, jangan masuk ke dalam tol karena akan memutar jauh. Setelah sampai di perempatan pasar Plered, belok ke kiri. Disitu terdapat papan nama “ Objek Wisata Belanja Batik Trusmi”.


Desa yang memiliki banyak pengrajin batik traditional Cirebon adalah di Trusmi Kulon dan Trusmi Wetan. Meskipun ada beberapa desa di sekitar Trusmi yang juga menghasilkan produk atau pengrajin batik yaitu Gamel, Kaliwulu, Wotgali, Kalitengah dan Panembahan. Rata-rata mata pencaharian penduduk asli desa-desa tersebut adalah membatik dan kebanyakan keluarga memiliki industri batik meskipun skalanya masih rumahan.


Sedikit mengutip dari wikipedia, kisah membatik desa Trusmi tidak lepas dari peranan Ki Gede Trusmi. Beliau adalah salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati. Beliau ini yang mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan pengaruh agama Islam saat itu. Untuk menghormati jasa-jasanya, sampai sekarang makam Ki Gede masih terawat baik, bahkan setiap tahun dilakukan upacara cukup khidmat, upacara Ganti Welit (atap rumput) dan Ganti Sirap setiap empat tahun.


Disepanjang jalan utama yang berjarak 1,5 km dari desa Trusmi sampai Panembahan, saat ini banyak kita jumpai puluhan showroom batik. Berbagai papan nama showroom nampak berjejer menghiasi setiap bangunan yang ada di tepi jalan. Munculnya berbagai showroom ini tak lepas dari tingginya minat masyarakat terutama dari luar kota terhadap batik Cirebon. Setiap hari Sabtu dan Minggu atau weekend, banyak sekali kendaraan luar kota (kebanyakan dari berplat nomor B dan D) yang berjubel parkir dihalaman showroom. Sesekali juga terlihat rombongan bis wisata yang mayoritas terdiri dari ibu-ibu, berada di dareah ini.


Namun sayang karena sempitnya jalan (hanya sekitar 3 meteran), dan banyaknya kendaraan, seringkali menimbulkan kemacetan. Sehingga terpaksa untuk bis yang berukuran besar dan mengangkut 50 orang hanya parkir diluar kawasan. Dampaknya showroom yang berada di daerah pintu masuk lebih banyak memiliki keuntungan.


Menurut penduduk daerah tersebut, sering kali terlihat artis ibu kota yang berbelanja di beberapa showroom tersebut. Terakhir minggu lalu, kabarnya Luna Maya berbelanja batik disana meskipun saya tidak melihatnya langsung.


Berbagai motif dan bahan bisa kita jumpai disini, bahkan motif batik Pekalongan, Solo dan Jogja juga bisa kita temukan disini. Harga yang ditawarkan juga beragam, sesuai dengan bahan, apakah katun, sutra, serat nanas dan juga proses pengerjaannya, cap, sablon atau tulis. Harga batik tulis biasanya lebih mahal dua lainnya.

Jika ingin mendapatkan kualitas batik tulis yang bagus dengan harga yang lebih murah dari harga di showroom bisa langsung mendatangi pengrajinnya. Lokasi pengrajin batik, berada dibelakang showroom-showroom tersebut. Salah satu pengrajin batik tulis adalah Bapak Mustakim atau biasa dipanggil pak Ta’im, pemilik industri batik rumahan Batik Gemilang – Sembilan Saudara. Bisa dijumpai dibelakang showroom Salma, dan disini kita bisa melihat langsung proses membatik yang memang membutuhkan kesabaran, kecermatan dan ketelitian tinggi..


Hari ke tiga  lebaran saya pergi ke kuningan lewat jalur alternatif mengunakan motor Bapaku ,untuk berlibur ke sanah ternyata jalan penuh dengan orang-orang yang mau berlibur juga maka aku mengurungkan niat berlibur ke kuningan dan beralih ke desa Sinarancang.
Desa sinarancan masuk kecamatan Mundu yang kebetulan dekat dengan desaku disana terdapat sebuah waduk (sejenis danau) yang bernama Waduk Setu Patok .Waduk Setu Patok yang memiliki luas kurang lebih 176 hektar dengan kapasitas tampung maksimal mencapai 14.000.000 meter kubik air, berfungsi sebagai pengairan untuk lahan pertanian bagi masyarakat setempat juga di manfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya ikan tawar.

Sebagai salah satu waduk yang terbesar di wilayah Cirebon, serta keindahan akan panoramanya. Hal ini dapat terlihat adanya bukit yang berada di tengah waduk serta hamparan sawah dan hijaunya pepohonan yang terdapat di areal waduk.

Saat ini minat masyarakat luas untuk mengunjungi Waduk Setu Patok cukup banyak. Apalagi jalan menuju ke lokasi wisata tersebut cukup bagus di tambah banyaknya warung yang menyugukan makanan dan minuman di kawasan wisata tersebut.

Selain berfungsi sebagai pengairan dan budidaya ikan tawar, juga tersedia sarana rekreasi air. Namun hal ini juga perlu didukung adanya prasarana yang lain untuk lebih menunjang, agar minat wisatawan berkunjung ke waduk tersebut terus meningkat seperti: perlu adanya dermaga, pengadaan perahu motor dan sarana pemancingan.

Tentunya dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai para wisatawan yang berkunjung tentu akan lebih menikmati.








4 komentar

SELAMAT IDUL FITRI 1430 H


 

Taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal yaa karim.


ijinkan kami  pada kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin yang mendalam kepada seluruh pembaca khususnya kawan-kawan blogger yang selama ini sudah meluangkan waktu untuk berkomentar di blog ini atas segala khilaf ucap dan tindak baik sengaja maupun yang tidak disengaja. Semoga Allah SWT memberikan ampunan atas segala kesalahan dan dosa kita.  Selamat berlebaran, selamat mudik, selamat berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Amien Ya Rabballalamien…

1 komentar

air kelapa


Kalo lagi buka puasa enaknya minum es kelapa muda wihhh seger sekali.
teman tau ngak air kelapa ini memiliki khasiat dan nilai gizi yang dahsyat. Banyak sekali manfaat air kelapa bila diolah dan dikemas dengan baik. Air kelapa bisa dibuat sebagai nata de coco, kecap, dan bahkan dijadikan salah satu minuman kesehatan semacan energy drink.


Secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian itu, air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan. 

Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco. Di Indonesia, air kelapa digunakan sebatas sebagai minuman (air kelapa muda) dan media pembuatan nata de coco. Yang tak kalah menarik, air kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional dan perawatan kecantikan. Sementara itu, daging buah kelapa muda yang masih seperti susu sangat baik dikonsumsi anak-anak yang menderita kekurangan gizi (nutritional defyciency).

Kaya gizi

Air kelapa memiliki karakteristik cita rasa yang khas. Di samping itu, air kelapa juga punya kandungan gizi, terutama mineral yang sangat baik untuk tubuh manusia. Kandungan yang terdapat dalam air kelapa tidak hanya unsur makro, tetapi juga unsur mikro. Unsur makro yang terdapat adalah karbon dan nitrogen.

Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, dan inositol. Unsur nitrogen berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alin, arginin, alanin, sistin, dan serin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut di antaranya kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S). Yang cukup mencengangkan, dalam air kelapa juga ditemukan berbagai vitamin. Sebut saja vitamin C dan berbagai asam seperti, asam nikotinat, asam pantotenal, dan asam folat. Vitamin B kompleks yang dikandungnya antara lain niacin, riboflavin, dan thiamin.

Sarat khasiat

Buah yang nama botaninya adalah Cocos nucifera ini dikenal dengan nama "Wonder Food". Disebut demikian karena banyak kandungan nutrisi di dalam buah itu yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Di beberapa daerah di tanah air, kelapa merupakan buah yang sakral bahkan cenderung "magis" karena perannya yang sangat penting dalam berbagai ritual keagamaan dan seremonia adat. Dalam mitologi Hindu, kelapa disebut sebagai Tree of Heaven karena kelapa dipercaya dapat membawa kekuatan, kesehatan, umur yang panjang, dan kedamaian.
Kandungan mineral alami dan protein berkualitas tinggi di dalam kelapa sangat baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh. Airnya dikenal sebagai air mineral dan merupakan minuman penyegar. Kandungan gula yang terdapat pada air kelapa mudah diserap oleh tubuh. Air kelapa merupakan tonik yang sangat baik untuk kesehatan. Air yang terdapat dalam satu buah kelapa cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C dalam sehari.

Seperti yang kita ketahui, walau kandungan nutrisi yang dikandung air kelapa cukup tinggi namun bersifat isotonik. Secara alami, air kelapa mudah memiliki komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga punya kesetimbangan elektrolit yang sempurna pula, sama halnya dengan cairan tubuh manusia. Itu sebabnya mengapa air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti cairan infus. Mengingat komposisi mineral yang dikandungnya, air kelapa punyaipotensi besar untuk dikembangkan sebagai minuman isotonik alami.
Kita ingat, orang tua kita dulu sering memberi kelapa muda hijau ketika menderita demam atau campak. Mereka yakin air kelapa mampu menurunkan panas dalam. Ketika demam, air kelapa dan air putih diminum secara berselang seling untuk mengurangi panas dan rasa sakit.

Minuman air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat meredakan kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan, serta penyakit diabetes. Selain itu, minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Namun perlu diperhatikan, terlalu banyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan pada tulang, disarankan tidak mengonsumsi air kelapa berlebihan.

Selain itu, ada tradisi di masyarakat yang mengharuskan ibu yang sedang hamil tua untuk sering minum air kelapa muda. Air kelapa ini dipercaya dapat membersihkan janin di dalam rahim sehingga kelak jika si jabang bayi keluar, menjadi bersih, tidak kurapan seperti lemak kering yang menempel pada kulit si bayi.

Air kelapa juga dikenal sebagai obat tradisional kuno yang sangat efektif dalam membasmi berbagai jenis cacing merugikan di dalam usus. Juga sangat baik diminum di pagi hari sebelum mengonsumsi makanan lainnya. Hal itu sangat dianjurkan dilakukan bagi penderita gastritis atau hyperacidity. 

Di samping itu, air kelapa sangat bermanfaat dalam pengobatan colitis, luka dalam lambung, diare, disentri, dan wasir. Air kelapa dapat pula mengatasi kerusakan sistem saluran cerna seperti mengurangi gas dalam lambung, mual-mual, dan salah cerna. Bila ditambah madu, sangat baik untuk diminum menjelang tidur bagi yang kesal dengan batuk kering yang diderita. 

Bagi penderita kolera, campuran jus jeruk nipis dan air kelapa sangat membantu untuk penyembuhan. Manfaat lain, diketahui air kelapa bersifat diuretic sehingga ccocok untuk mengobati kerusakan saluran kemih, seperti sering kencing, albuminuria, serta membantu dalam penghancuran batu di saluran kemih maupun ginjal.

Dari beberapa penelitian, ternyata air kelapa juga dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobocter xylinum untuk produksi nata de coco. Bahkan, saat ini dikembangkan pembuatan minuman berenergi dari air kelapa sebagai alternatif dari sekian banyak minuman energi di pasaran. 

Dari sekian banyak manfaat air kelapa, kiranya tidak berlebihan bilamana "air ajaib" ini senantiasa menyemarakkan acara berbuka puasa kita. Menyegarkan dan menyehatkan tentunya.

#dari berbagai sumber

1 komentar

Keju dari tanah Toraja


Susu memang bisa di fermentasikan baik itu yogurt atau keju kalo di Toraja keju dibuat dari susu kerbau,dan disebut dangke yang diolah secara tradisional  Pemadatan susu dilakukan dengan memberkan enzim papain dari getah pepaya. Enzim ini berfungsi memisahkan protein dan air. Pengolahan dangke persis seperti pengolahan keju.

Dangke bisa langsung dimakan, digoreng, atau dipanggang. Rasanya gurih dan memiliki aroma menyerupai keju parmesan. Di Enrekang, dangke dinikmati dengan pulu mandoti. Makanan yang terbuat dari beras ketan.

Dangke bisa dinikmati di Enrekang atau di daerah sekitarnya seperti Rappang (Sidenreng Rappang) atau Pinrang. Jaraknya sekitar 200 kilometer dari sebelah utara Kota Makassar. Anda bisa singgah membeli dangke dalam perjalanan menuju Toraja

2 komentar

Lailat al qodr


Tanda-tanda terjadinya Lailat al qodr

Seperti diriwayatkan Oleh Imam Muslim, Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: ” Pada saat terjadinya lailat al qodr itu, malam terasa jernih, terang, tenang, cuaca sejuk tidak terasa panas tidak juga dingin. Dan pada pagi harinya matahari terbit dengan jernih terang benderang tanpa tertutup sesuatu awan”.

Apa yang perlu dilakukan pada lailat al qodr dan agar dapat menggapai lailat al qodr

1.. Lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua bentuk ibadah pada hari-hari Ramadhan, menjauhkan diri dari semua hal yang dapat mengurangi keseriusan beribadah pada hari-hari itu. Dalam peribadatan ini juga dengan mengikutsertakan keluarga. Hal itulah yang dahulu dicontohkan Rasulullah SAW.

2.. Melakukan i’tikaf dengan berupaya sekuat tenaga. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

3.. Melakukan qiyamu al lail berjama’ah, sampai dengan rekaat terakhir yang dilakukan imam, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar ra.

4.. Memperbanyak do’a memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah dengan lafal : “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibul afwa fa’fu ‘anni”.

Lailat al qodr akan muncul menurut hadis:

1.. Lailat al qodr terjadi pada malam 17 Ramadhan, malam diturunkannya Al Qur’an. Hal ini disampaikan oleh Zaid bin Arqom, dan Abdullah bin Zubair ra. (HR. Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi dan Bukhori dalam tarikh).

2.. Lailat al qodr terjadi pada malam-malam ganjil disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Diriwayatkan oleh Aisyah dari sabda Rasululah SAW: “Carilah lailat al qodr pada malam-malam ganjil disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhori, Muslim dan Baihaqi)

3.. Lailat al qodr terjadi pada malam tanggal 21 Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Abi Said al Khudri yang dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim.

4.. Lailat al qodr terjadi pada malam tanggal 23 bulan Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Abdullah bin Unais al Juhany, seperti dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim.

5.. Lailat al qodr terjadi pada malam tanggal 27 bulan Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Ibnu Umar, seperti dikutip oleh Ahmad. Dan seperti diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, bahwa Umar bin al Khoththob, Hudzaifah serta sekumpulan besar shahabat, yakin bahwa lailat al qodr terjadi pada malam 27 bulan Ramadhan. Rasulullah SAW seperti diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, juga pernah menyampaikan kepada shahabat yang telah tua dan lemah tak mampu qiyam berlama-lama dan meminta nasehat kepada beliau kapan ia bisa mendapatkan lailat al qodr, Rasulullah SAW kemudian menasehati agar ia mencarinya pada malam ke 27 bulan Ramadhan (HR. Thabroni dan Baihaqi).

6.. Seperti difahami dari riwayat Ibnu Umar dan Abi Bakrah yang dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim, terjadinya lailat al qodr mungkin berpindah-pindah pada malam-malam ganjil sepanjang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Sesuai dengan informasi terakhir ini, dan karena langka dan pentingnya lailat al qodr, maka selayaknya setiap muslim berupaya selalu mendapatkan lailat al qodr pada sepanjang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

mudah-mudahan pada bulan Ramadhan tahun ini Allah memperkenankan kita meraih ” Lailat al qodr”, malam yang utama dari 1000 bulan alias 83 tahun itu.
7 komentar

awardKE 2


Alhamdulilah bisa dapet award yang kedua, dari Story of Jaiman terimakasih ya
Ringkas nya, (di copas dari Story of Jaiman)
EMang dari dunia blogger kita dapetin banyak hal, persahabatan yang hebat dan ikuat. Saling mendukung dan support demi hal yang lebih baik. Semangat pantang menyerah dan terus terpacu melihat perkembangan. Semua itu akan lebih mudah dengan adanya sahabat.....

Ni saya copy aja di bawah ini:

Di bulan mulia ini saya mencoba berbagi award kepada semua rekan blogger yang aktif dan berpartisipasi di blog ini, tujuan saya adalah menyatukan para bloger mania di Indonesia dengan satu bahasa : Persatuan, semoga award ini bisa diterima oleh sobat-sobat semua dimanapun.

Award diatas mengandung arti :
Tugu Hijau : melambangkan sobat-sobat baru
Tugu Kuning : melambangkan sobat-sobat yang selalu aktif
Tugu Biru : melambangkan sobat blogger dengan PR tinggi
Landasan Merah : melambangkan bahwa kita semua sama, baik pemula hingga senior adalah terangkum dalam satu wadah/tempat, dengan darah yang sama berwarna merah, dan sesungguhnya kita adalah saudara.

Prasyarat Pengambilan AWARD :

1. Buat Posting seperti diatas
2. Cantumkan Link Pemberi Award.
3. Bagi rekan-rekan yang belum jadi Follow atau Tukeran Link, harap menjadi Follow atau bertukar link dengan saya.
4. Copy-paste Image diatas atau DOWNLOAD



Berikut Nama-nama Penerima AWARD :

1. O.B.E.N.G
2. ..../herie
3. Titian Hati
4. Raja Salahudin
5. AROUND THE WORLD -
6. 54k1j0
7. hanjoyo
8. Jani Blog'santai
9. Just a Blog
10. Mlaty ajAh
11. rezKY pRAtama


Seagai bukti perdsahabatan. Diambil ya..... Salam dari ku

13 komentar

Sate lalat


Tahukah Anda bahwa selain soto Madura yang terkenal ada satu menu favorit warga Pamekasan, Madura untuk berbuka puasa yakni sate lalat. Rasa daging yang lembut dan gurih menjadikan menu ini nikmat disantap setelah adzan maghrib tiba. 

Di warung milik Dodi Abdurachman di Jalan Niaga Pamekasan, Madura inilah sate lalat dijual. Kendati bernama sate lalat, namun makanan khas Pamekasan, Madura ini tidak terbuat dari lalat.

Sate ini dibuat dari daging ayam atau kambing yang dipotong sangat kecil. Potongan daging yang kecil ini menyerupai lalat, sehingga sate ini dijuluki sate lalat. Dalam 1 tusuk sate terdapat 3 hingga 5 potong daging. Bumbu yang digunakan untuk memperlezat rasa sate lalat ini adalah bumbu kacang yang dicampur kecap dan sambal.

Dalam membakarnya sate lalat ini harus dibolak - balik dengan cepat supaya tidak gosong. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat sate lalat ini menjadi salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa. 

Untuk menikmati lembutnya sate lalat ini cukup mengeluarkan uang 5000 rupiah untuk 1 porsi berisi 20 tusuk sate. Di bulan ramadhan Dodi mengaku bisa mengabiskan 700 hingga 900 tusuk sate lalat setiap harinya(INDOSIAR)
5 komentar

kue jongkong





 Warga Medan, Sumatera Utara memiliki penganan khas untuk berbuka puasa selain kue bica Ambon. Pasti berupa kue tapi yang ini kue tradisional, yaitu kue jongkong. Kue yang hanya bisa ditemui dibulan Ramadhan ini sarat citra rasa manis, gurih dan wangi karena merupakan pepaduan adonan tepung beras, daun pandan dan kayu manis yang ditambahkan gula merah cair. 

Kue jongkong adalah makanan khas suku Mandailing, Sumatera Utara yang dibuat dari tepung beras yang dicampur daun pandan dan kayu manis.

Bahan:

- 400ml santan dari 1 butir kelapa
- 100g gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 100g tepung beras
- 30g tepung sagu
- 50ml air daun suji (dari 30 lembar daun suji + 3 lembar daun pandan)
- 3 tetes pewarna hijau
- 50ml air merang ( dari 1 sdt bubuk merang dan 50ml air, saring)


CARA:

- Rebus santan, gula dan garam sampai mendidih, saring. dinginkan
-Tuang ke campuran tepung beras dan tepung sagu sedikit2 sambil diuleni sampai licin.
- Bagi dua bagian. Satu bagian beri air daun suji, satu bagian beri air merang.
- Tuang selapis adonan hijau ke cetakan, kukus 10 menit. Tuang lagi selapis adonan hitam kukus 10 menit. Lakukan melapis sampai adonan habis. Terakhir kukus lagi 15 menit.



Proses pembuatannya cukup lama, tepung beras dicampur dengan air kemudian diberi pewarna dari daun pandan dan dimasak hingga 1 jam. Setelah itu jongkong dituang ke tampah yang telah dialasi daun pisang dan diamkan kembali selama 1 jam. Tahap berikutnya adalah mengemas kue jongkong kedalam daun dan dicampur kuah yang terbuat dari gula merah yang telah dimasak. Setelah itu jongkong kembali direbus selama 30 menit.  

Penasaran ingin mencobanya ? Silahkan datang ke Jalan H. Adam Malik, Medan, Sumatera Utara. Satu bungkus kue jongkong dijual seharga 3.500 rupiah.(www.indosiar.com)

3 komentar

Di bulan Rhamadan masyarakat di Medan selalu memakan rotan muda

Rotan-rotan muda itu bernama pakkat. Pucuknya yang lunak dijadikan semacam lalapan. Rasanya pahit dan kelat. Rotan itu dibakar terlebih dahulu hingga bagian kulit luarnya yang keras terlihat hitam gosong. Seterusnya bagian yang gosong dikupas sampai akhirnya tampak bagian dalam yang putih bersih dan sudah lembek karena matang.(dulunya disebut pangkat). Dulunya berasal dari Tapanuli Selatan selalu ramai dijajakan pedagang selama Ramadan. Pakat termasuk sayuran. Tidak sulit mengolah pakat menjadi makanan dan sajian santapan berbuka puasa. Selain dibakar, pakat dapat direbus. Tidak jarang pula dijadikan komposisi untuk memasak menu lainnya.Begitu populernya pakat menarik minat banyak orang untuk mencobanya.Para pedagang hanya menjual pakat bakar plus menyediakan bumbu anyang--berupa santan kelapa dan kelapa gonseng (daging kelapa yang digoreng). "Ini lalapan untuk selera makan,"Batang pakat sepanjang 50 sentimeter dengan diameter sebesar jempol orang dewasa itu didatangkan dari Langga Payung, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara. Rahmat membeli pakat "mentah" Rp 700 per batang. Setelah dibakar, pakat itu dijual Rp 2.000 per dua batang. , pakat memiliki faedah atau khasiat untuk mengobati penyakit kencing manis dan darah tinggi. 
4 komentar

Award pertama



Alhamdulilah bisa dapet award yang pertama, dari Story of Jaiman terimakasih ya
Ringkas nya, (di copas dari Story of Jaiman)
1. Link the person who tagged you (Tautkan dengan orang yang men-tag kamu).
2. Copy the image above, the rules and the questionnaire in this post(Kopikan gambar di atas berikut aturan dan pertanyaan pada postingan ini).
3. Post this in one or all of your blogs (Posting award ini pada satu atau pada semua blog milik kamu).
4. Answer the four questions following these Rules (Jawab empat pertanyaan di bawah dengan mengikuti aturan yang ada).
5. Recruit at least seven (7) friends on your Blog Roll by sharing this with them (Rekrut sedikitnya tujuh orang teman yang ada pada Blog Roll kamu lalu berbagi award ini dengan mereka).
6. Come back to BLoGGiSTa iNFo CoRNeR (PLEASE DO NOT CHANGE THIS LINK) at http://bloggistame.blogspot.com and leave the URL of your Post in order for you/your Blog to be added to the Master List (Kunjungi BLoGGiSTa iNFo CoRNeR(Jangan ubah linknya) di http://bloggistame.blogspot.com dan tinggalkan URL blog kamu untuk ditambahkan ke Master List).
7. Have Fun! (Selamat bersenang-senang!)
Pertanyaan & Jawaban:
1. Tulis Nama and Url yang kasih kamu award (jadikan hari ini lebih baik lagi) kalau aku dari Story of Jaiman
2. Judul situs dan url-nya
3. Tanggal ketika men-tag kamu: August 14, 2009
4. Orang-orang yang kamu tag atau beri award:
Award akan diberikan kepada:
Bagi blogger yang mendapat award ini bisa langsung mempostingnya, jangan lupa beritahu posting award ini di BLoGGiSTa iNFo CoRNeR supaya link kamu terpasang di Master Listnya.
5 komentar

Perundingan antara golongan muda dan golongan tua


Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti melik. Pagi harinya, Jumat, 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, atau 17 Ramadan 1365 Tahun Hijriah dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh bu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih (Sang Saka Merah Putih), yang dijahit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera berkibar, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya.[4]. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional.

2 komentar

Ikan hiu memiliki 7 (tujuh) indra



Ikan hiu memiliki 7 (tujuh) indra, yakni pendengaran, penciuman (dapt mencapai beberapa mil jauhnya), peraba (touch), penglihatan, pengecapan (taste), rangsangan listrik (electrosense) serta garis tepidan organ-organ titik (pit organ) untuk menangkap getaran yang lemah. Ikan bertulang rawan ini dikenal sebagai jenis yang mampu bermigrasi sangat jauh (migratory species) mengarungi samudera melintasi batas Negara dan benus untuk mencari pakan dan berproduksi. Menurut laporan Wild Aid : The of the Line ? Global Threat to Shark yang ditulis Susie Watts (2001), seekor ikan hiu biru (Blue shark), Prionace glauca yang diberi tanda (tag) di Tasmania tahun 2000 tertangkap di perairan bagian tenggara Afrika yang berjarak lebih kurang 9.500 km. Kejadian serupa dialami pula oleh ikan hiu jenis Spiny dogfish, Squalus acanthias yang diberi tanda (tag) di Negara bagian AS, muncul perairan Jepang tujuh tahun kemudian setelah menempuh perjalanan sejauh 6.600 km. Tertangkapnya ikan hiu tersebut sebagian besar adalah karena tersangkut jarring longline oleh kapal penangkap ikan.Ikan hiu merupakan 7% dari seluruh jenis ikan yang ada. Sebagian besar menghuni perairan laut di semua samudera maupun perairan air tawar. Jenisnya beranekaragam mulai dari yang terbesar yaitu ikan hiu paus (whale shark), Rhincodon typus yang berukuran panjang tubuh 14 meter hingga yang terkecil berukuran panjang 15 cm yaitu Squaliolus laticadus. Separuh dari semua jenis ikan hiu panjangnya tidak lebih dari 1 meter dan sekitar 80% ukuran tubuhnya lebih kecil dari ukuran tubuh orang dewasa umumnya.Menurut evolusi, ikan hiu merupakan salah satu hewan yang dapat hidup di laut selama ratusan juta tahun lamanya. Mereka mampu melawan kepunahan melalui keanekaragaman relative. Oleh sebab itu menjadi species indicator yang baik guna mengukur dampak kegiatan manusia di dalam ekosistem laut.



Di dalam rantai makanan pada ekosistem laut, ikan hiu menduduki tingkatan konsumen puncak (top level) sebagai predator yang amat berpengaruh bagi keseimbangan ekosistem. Banyak pakar kelautan meyakini bahwa ikan hiu merupakan mahluk vital dalam menjaga keanekaragaman hayati, khususnya di perairan laut.
5 komentar

Asal mula Majalengka


Waktu itu terjadi wabah malaria di daerah cirebon Sunan Gunung Jati seorang wali yang agung dan waspada, telah mengutus putranya panggeran muhammad untuk pergi mencari pohon maja (obat penyakit malaria)ke daerah Sindangkasih. Guna ramuan obat penyembuh rakyatnya .karena  selain mencari obat juga  menyebarkan Agama Islam. maka ratu sindang kasih memerintahkan rakyatnya untuk menebang setiap pohon maja didaerahnya maka ketika orang-orang cirebon itu datang lagi Pohon maja yang diperlukan sudah tidak ada. Maka pada saat itu panggeran Muhammad dan pengikutnya berkata “ Maja e langka!” (bahasa jawa ) artinya pohon maja tersebut tidak ada. Orang sunda mendengarnya dengan Majalengka. 3 komentar

Khasiat korma


Wah Ramadan sudah dekat nih pasti teringat korma yang manis , taukah kamu bahwa Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.
Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi)Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh”
Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.
Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya [4]. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran.
Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.
Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.
Disalin dengan sedikit penyesuaian dari buku Kupas Tuntas Khasiat Kurma Berdasarkan Al-Qur’an Al-Karim, As-Sunnah Ash-Shahihah dan Tinjauan Medis Modern, Penulis Zaki Rahmawan, Pengantar Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Media Tarbiyah – Bogor, Cetakan Pertama, Dzul Hijjah 1426H]
2 komentar

Air mineral bambu


Air mineral bambu eul-eul, yang disebut-sebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit, akan ikut serta dalam pameran Flora Fauna Jakarta (FFJ) yang berlangsung di Lapangan Banteng mulai 17 Juli besok hingga 20 Agustus 2009.Adang Meman, penemu air mineral bambu, itu di Jakarta, Kamis (16/7), mengatakan, air eul-eul terserap ke dalam bambu melalui proses osmosis. Melalui uji klinis didapati air itu mengandung mineral dan oksigen dalam jumlah cukup tinggi."Kandungan mineral 5,9 dan oksigen 18,34 berdasarkan uji dilakukan dr Tagor Harahap. Ini sudah cukup menjadikan air ini membantu penyembuhan,"Buktinya sudah puluhan ribu orang yang membeli air mineral seharga Rp 50.000 per botol 600 mililiter, dan mengaku merasakan khasiat air ini. "Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah pernah mencoba minum air bambu eul-eul dan hingga kini pun tetap disediakan bila dipesan," Yang menarik, kata Adang, khasiat air mineral bambu demikian cepat, hanya dalam tempo lima menit, kepala pusing karena darah tinggi ataupun nyeri asam urat langsung ada perubahan.Air yang telah terdaftar di Dinas Kesehatan setempat, kata Adang, hingga saat ini mampu menyembuhkan 38 jenis penyakit. "Ada pasien yang hanya membeli satu botol sudah sembuh," Penyakit yang dapat diobati hanya dengan minum air mineral ini di antaranya jantung, tifus, rhematik, asam urat, batuk, kanker rahim, darah tinggi, ginjal, stroke, amandel, sakit gigi, tambah stamina, maag, ambeien, kencing manis, keracunan, sakit perut, dan migran.Bambu yang mengandung air mineral ini terdapat dalam hutan lebat Jawa Barat dengan ketinggian 1.200 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Awal ditemukannya air mineral ini berdasarkan penelitian warga satu desa di Jawa Barat yang tetap sehat karena hanya minum air yang berada di dalam bambu setiap hari.


1 komentar

Pohon Sintetis Serap CO2 1.000 Kali Lebih Cepat

zwani.com myspace graphic comments
Para ilmuwan telah merancang pohon sintetis yang bisa menangkap karbondioksida dari udara sebagai upaya untuk melawan peningkatan emisi karbon. "Pohon" ini bentuknya lebih mirip bangunan kecil daripada pohon, tapi bisa menyerap karbon 1.000 kali lebih cepat daripada pohon asli.
Satu pohon sintetis bisa menyerap satu ton karbondioksida per hari, setara dengan jumlah rata-rata yang dikeluarkan 20 mobil. Setelah disimpan dalam satu bilik, karbon tersebut akan dipadatkan dan disimpan dalam bentuk cairan untuk kemudian diuraikan.
Profesor Klaus Lackner dari Universitas Colombia telah mengerjakan konsep ini sejak tahun 1998. Ia belakangan bertemu dengan pejabat Departemen Energi Amerika Serikat, Steven Chu, untuk membahas perkembangan proyek ini. Lewat perusahaannya yang bermarkas di Tucson, Global Research Technologies, Lackner telah membuat model awal dan berharap bisa menghasilkan prototipe sempurna dalam 3 tahun ini.
Seperti dijelaskan Lackner, teknologi yang dipakai pohon sintetis ini mirip dengan yang biasa digunakan untuk menyerap karbondioksida dari cerobong asap di pertambangan batu bara. Bedanya, alat ini bisa digunakan di mana saja. Menurut Lackner, separuh dari total emisi karbon berasal dari sumber-sumber yang berukuran relatif kecil, termasuk mobil dan pesawat terbang, dan biasanya hampir tidak mungkin untuk diserap. Namun karena karbondioksida dalam udara biasanya sangat terkonsentrasi, alat yang dibutuhkan untuk menyerapnya juga bisa berukuran kecil.
Harapan Lackner adalah membuat pohon sintetis ini agar efisien untuk ukurannya. Dibandingkan dengan jumlah emisi karbondioksida yang bisa dihindarkan dengan penggunaan kincir angin besar, sebuah pohon sintetis dengan ukuran yang sama bisa menyerap karbondioksida ratusan kali lebih banyak.
Untuk membuat satu pohon sintetis dibutuhkan dana hingga 30.000 dollar AS, sebagian besar karena penggunaan teknologi untuk melepaskan karbondioksida dari penghisap gas. Sebagai tambahan, karena membutuhkan energi untuk beroperasi, maka alat ini sendiri juga menghasilkan karbondioksida jika dihubungkan dengan sumber tenaga. Menurut kalkulasi Lackner, untuk setiap 1.000 kg karbondioksida yang diserap, "pohon" ini akan menghasilkan 200 kg sehingga total karbondioksida yang sesungguhnya diserap adalah 800 kg.
http://sains.kompas.com
2 komentar

pergeseran puncak curah hujan tersebut akibat pengaruh dari pemanasan global

zwani.com myspace graphic comments

Bergeser dari siklus 20 tahun, sehingga telah mengganggu aktivitas para petani, nelayan, serta kelompok masyarakat lain setempat yang usahanya bergantung dengan kondisi cuaca.
Pergeseran tersebut terjadi sejak 2005 dan pergeseran terjauh berlangsung pada tahun 2008 lalu.
 puncak curah hujan di daerahnya selama 20 tahun sebelum tahun 2005 selalu terjadi antara bulan Maret hingga Mei.
Akan tetapi, setelah itu, puncak hujan terjadi hanya pada bulan Mei selama 24 hari dengan intensitas curahnya mencapai 188 milimeter.
Bahkan pergeseran ekstrem terjadi pada tahun 2008, di mana puncak hujan terjadi di bulan Juli selama 27 hari dengan besaran curah 466 milimeter, sehingga sempat menimbulkan banjir besar di mana-mana.
Jasirin memperkirakan, pergeseran puncak curah hujan tersebut akibat pengaruh dari pemanasan global yang mendorong terjadinya perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu.
"Pergeseran siklus hujan itu sudah kami diprediksi sebelumnya, menyusul tingginya tingkat curah hujan selama empat tahun terakhir dan merupakan fenomena terbaru, munculnya hujan lokal dengan intensitas tinggi juga banyak dipengaruhi oleh rusaknya kawasan hutan dan daerah hijau di perkotaan dalam jumlah besar, selain faktor tingginya polusi udara.
"Masalah-masalah tersebut yang kemudian mengakibatkan daya dukung lingkungan menjadi rendah, sehingga rentan memunculkan bencana banjir, tanah longsor, hingga angin kencang,.
Yang pasti, akibat dampak dari pemanasan global tersebut telah memengaruhi jadwal tanam petani, aktivitas nelayan, pelayaran kapal-motor, dan kegiatan penerbangan

0 komentar

AWARD
AWARD KE 1 AWARD KE 2 AWARD KE 2
Grab this Widget ~ Blogger Accessories