sahabat

apel Jawa.


Sepintas bentuk buahnya mirip buah apel, tak jarang disebut apel Jawa. Penampilan kulitnya yang ditempeli serbuk putih, banyak orang menjuluki kesemek sebagai buah centil yang dianggap suka berbedak.

Kesemek memiliki nama ilmiah Diospyros kaki yang diperkirakan berasal dari Republik Rakyat Cina, kemudian menyebar ke Kepang pada zaman purba dan dibudidayakan. Di Indonesia, tempat lain yang menghasilkan kesemek diantaranya Sumatera Utara, khususnya wilayah Brastagi, Jawa Barat dan Jawa Timur ditanam pada daerah tinggi dipegunungan.

Manfaat dan Kandungan Gizi

Berdasarkan riset banyak sumber, diketahui ternyata didalam buah kesemek tersimpan banyak zat kimia hebat. Diantaranya terdapat senyawa antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker, menjaga tekanan darah dan juga menghambat proses penuaan dini.
Mengkonsumsi kesemek dapat menghilangkan dahaga, menyehatkan paru - paru dan menguatkan limpa.

Satu hal penting, mengkonsumsi kesemek setiap hari dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.

Buah kesemek mengandung 19,6 % karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa 0,7 % protein, vitamin A dan kalium. Setiap 100 gram kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 gram, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg dan asam askorbat 20 mg.

Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar atau dapat diolah sebagai campuran kudapan. Yang terpenting petik atau beli buah kesemek yg warna kulitnya sudah berubah menjadi kuning.

Sumber : Tabloid Lezat

13 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat
wah mirip banget dengan apel..
kalau buah kesemek yang dilur kulitnya seperti ditaburin bedak ya,,,
banyak kandungan gizi dan banyak manfaat,,sayang disana ngga ada buah kesemek,,
nanti kalau mudik deh mau beli buah kesemeknya.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Makasih banyak sobat,..
aku baru tahu kesemek dapat mengobati kanker.

rahasia yang terabaikan mengatakan...

wah apel jawa......ada juga loh anggur jawa (eit tunggu dulu...hehe) ituloh yang biasa di sebut duwet/juwet......bentuknya mirip anggur tapi sepetnya ampun deh....

Alrezamittariq mengatakan...

tapi kok jarang dijual yah?
apalagi di denpasar nih..huehuehue

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

masih jualan kesemek yah???
Sory baru sempat mampir...

ivan kavalera mengatakan...

selamat idul adha, sobat

abeng beng /arjopedal mengatakan...

salam sobat
he he buah kesemek buah kedondong bagi dong

abeng beng /arjopedal mengatakan...

salam sobat
buah kesemek buah kedondong bagidong

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

buah kesemek itu nama lain nya apel jawa to...

Ivan Kavalera mengatakan...

datang menyajikan senyuman tulus buat mas Kurniawan.

Ritma mengatakan...

Waaahhh...banyak hasiatnya ya kesemek tu..tapi sayangnya aku gak suka...
Btw ni pertama kalinya saya mampir salam kenal yach..

Elsa mengatakan...

waaah kesukaan ibuku tuh
ternyata kasiatnya banyak yaaa

uminadine mengatakan...

wew kesemek...gk nyangka ternyata memiliki manfaat yg banyak juga, thanks bgt info nyaa...

AWARD
AWARD KE 1 AWARD KE 2 AWARD KE 2
Grab this Widget ~ Blogger Accessories