sahabat

Manfaat koran bekas




pernah kebayang tida memanfaatkan koran bekas yang menumpuk di rumah kita Sangat disayangkan untuk dibuang, tapi untuk menyimpannya pun membutuhkan tempat khusus. Kalau dihitung rata-rata satu kali terbitan ada 24 lembar. Berapa lembar yang kita kumpulkan selama satu minggu, satu bulan, tiga bulan, bahkan satu tahun? Tentu tidak cukup tempat kalau kita hanya menumpuknya di bawah meja.



Ada beberapa cara untuk memanfaatkan koran bekas, antara lain :


1. Dijual ke penadah untuk didaur ulang Anda bisa menjual koran bekas ke tukan loak dengan harga sekadarnya
Atau membentuknya menjadi sebuah kerajinan yang menarik, dan hasilnya bisa Anda banggakan bahkan mungkin bisa bernilai jual yang lebih tingi.
2. Digunakan untuk sampul buku, dll
Sampul buku atau majalah bisa pake kertas ubi yang warna kuning. Namun sampul koran juga bisa keren. Gunakan bagian-bagian dimana ada foto-foto berwarna
3. Dimanfaatkan untuk membuat karya seni
Koran bekas bisa jadi ajang Kreatifitas bagi siapa saja. Ada berbagai macam karya seni yang bisa dibuat dari bahan koran bekas. Misalnya, lukisan timbul, topeng, tempat tisue dan masih banyak lagi.
4. Pembersih Kaca
Untuk membersihkan kaca, koran cukup baik. Semprotkan cairan pembersih kaca kemudian keringkan dan gosok-gosok dengan menggunakan koran bekas. Noda-noda di kaca pun langsung hilang.
5. Penghilang Bau
Bila anda memiliki sepatu yang bau, masukkan potongan-potongan koran.
6. Pac king
Koran biasa juga digunakan sebagai peredam untuk packing barang-barang pecah belah seperti keramik, kaca, dll.
7. Perlengkapan tambahan di mobil
Koran bekas dapat digunakan untuk alas kaki di mobil untuk membersihkan alas kaki anda yang basah, kotor.
8. Wadah sampah makanan
Bila anda makan makanan yang bersisa seperti makan kepala ikan, kepiting, udang dsb, anda dapat menggunakan koran sebagai alasnya sehingga dapat langsung dibuang
9. Pembungkus
Satu lagi kegunaan koran yang tak kalah pentingnya, yaitu membungkus buah-buahan anda di pohon. Ketika buah semakin besar, maka membungkusnya dengan koran dapat membantu buah lebih cepat tua dan matang menghindarinya dari kontak langsung dengan sinar matahari atau hama lainnya,semoga bermanfaat
sumber dari kapanlagi.com

23 komentar:

Munir Ardi mengatakan...

info yang baru saya dapatkan disini

Ikutan Ngeblog mengatakan...

manfaat koran bekas memang banyak? kalo gak bisa memanfaatkannya, mending dujual, bisa buat beli koran lagi, walaupun masih tombok, tapi lumayan!

trafsilo mengatakan...

Salam Kenal Pengen Numpang Nyoret-nyoret... nieee.... My First Koment

NURA mengatakan...

salam sobat
bagus ide memanfaatkan koran bekas,,
daripada buat sampah sia-sia.

Ivan Kavalera mengatakan...

Tenyata memang banyak banget ya manfaat koran bekas. Aku ingat sewaktu kecil, makan kcang goreng yg dibungkus koran bekas he he he..

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

terkadang barang2 seperti ini kita lupakan...padahal jika berada di tangan orang2 kreatif sangat lah berguna..

NURA mengatakan...

salam sobat
kreatif sobat,,
memnfaatkan koran bekasnya.

NURA mengatakan...

salam sobat
wah masih tentang koran bekas nich artikelnya,,
semogasukses selalu mas KURNIAWAN,,
ditungu postingan selanjutnya ya,,

Osi mengatakan...

Di rumah...koran bekas buat bersihkan kaca...

Agung Aritanto mengatakan...

selama in kertas koran lah kertas yang paling bisa untuk digunakan dalam keadaan apapundan kondisi apapun

Ikutan Ngeblog mengatakan...

kayaknya aku udah coment, kuk ilang ya? hmmm................

Aditya's Blogsphere mengatakan...

klo di SD nya istri q (calon sih) koran bekas tuh buat kerajinan tangan yang terlebih dahulu di bubur terus di cetak hasilnya bagus2 loh.........wah maap ya bang kurniawan....aq dah lama ga mampir kesini....

Kurniawan.q mengatakan...

terimaksih kepada sahabat yang telah berkunjung dan berkomentar di sini oh selamat ya aditiya kapan nikahnya ?

Aditya's Blogsphere mengatakan...

,a,pir lagi bang......kok sekarang pake verifikasi kata sih?

Aditya's Blogsphere mengatakan...

nikahnya masih lama hehehehe

mira mengatakan...

waktu SD pernah memanfaatkan koran bekas untuk bikin undangan. korannya dibikin bubur kertas, lalu diberi pewarna dan dibentuk. hasilnya unik loh.. :D
oiya, saya follow ya. jangan lupa mampir ke blog saya. ;)

anindyarahadi mengatakan...

setuju!!! cocok banget juga sama gencar2nya kegiatan SAVE THE EARTH!

inuel mengatakan...

koran dirumah sering di kasih ke bapak yang mengangkut sampah, emng bener, koran banyak manfaatnya, thanks sharingnya...
makasih udah mampir :), maaf yah aku baru bisa berkunjung !!

NURA mengatakan...

salam sobat
hebat dengan koran bekas bisa merubah jadi sesuatu yang berharga.
trims atas doanya ya,,

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

kayaknya benner nih.... koran bekas harus disimpen, karena banyak kegunaannya.
Thanks.

achmad edi goenawan mengatakan...

Dirumah banyak ada kalau 4 tumpuk, akan kumanfaatkan! Info yang menarik dan bermanfaat langsung!

h-run mengatakan...

emang bermanfaat banget!

selimut mengatakan...

banyak sekali manfaatnya, hanyay mgkn masyarakat blm terlalu sadar utk mendaur ulang koran bekas utk penggunaan alternatif

AWARD
AWARD KE 1 AWARD KE 2 AWARD KE 2
Grab this Widget ~ Blogger Accessories