sahabat

Jangan lupakan asupan karbohidrat



kita tau bahwa karbohidrat yang dikonsumsi akan terurai menjadi glukosa kemudian disimpan sebagai glikogen di otot dan organ hati. Menurut, Peter Carlick Ph.D. dari Stony Brook University, simpanan glikogen menyerap air yang beratnya tiga kali lipatnya. Jadi apabila pola makan terlalu tinggi karbohidrat, tubuh akan menyimpan air. Hal inilah yang menyebabkan mereka yang diet rendah karbohidrat cepat mengalami penurunan berat badan. Yang terjadi sebenarnya hanya kandungan air di tubuh mereka yang berkurang. Untuk menghindari perut kembung dan kenaikan berat badan karena mengkonsumsi terlalu banyak jenis karbohidrat yang salah, ikuti tips berikut ini.


  1. Utamakan sayur dan buah-buahan.
  2. Ini adalah makanan yang jarang menimbulkan perasaan kembung karena mengandung banyak air dan lebih sedikit karbohidrat. Kandungan kalorinya pun lebih sedikit.
  3. Hindari makanan tinggi karbohidrat namun kosong gizi seperti fast food, camilan dari tepung (kerupuk, pangsit goreng, dsb), kue, dan permen. Makanan ini tinggi kandungan karbohidrat sederhana dan sodium (garam), yang miskin serat dan nutrisi.
  4. Untuk hasil yang terbaik, makan setidaknya 3-5 porsi sayur (15-25 gram karbohidrat), 2-4 porsi buah (30-60 gram karbohidrat), dan sekitar 1 cangkir nasi atau 2 potong roti gandum setiap kali makan,
Pastikan mendapat cukup asupan kalori dari karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak, dan lemak baik. Apabila Anda tidak mendapat cukup kalori (setiap hari wanita umumnya membutuhkan 1800 kalori untuk menurunkan berat badan, 2000 kalori untuk menjaga berat badan, dan 2400 kalori atau lebih bila gaya hidupnya sangat aktif), metabolisme tubuh Anda akan menurun.

8 komentar:

Aulawi Ahmad mengatakan...

tq bro infonya, sangat bermanfaat :)

Agung Aritanto mengatakan...

bisa terbantu neh kalo suatu saat pingin diet

tapi saya bisa ga minta tolong bikinin posting tentang makanan apa aja seh yang mengandung karbohidrat secara garis besar,secara khusus dan umum

nuansa pena mengatakan...

Tips yang saya perlukan!

aura keyboard mengatakan...

Akan kupraktekkan sobat!

nuances pen mengatakan...

Cocok buatku yang sedang diet!

Osi mengatakan...

Betulllbetulllbetullll...
Saya setuju dengan pendapat sobat...

(setiap hari wanita umumnya membutuhkan 1800 kalori untuk menurunkan berat badan, 2000 kalori untuk menjaga berat badan, dan 2400 kalori atau lebih bila gaya hidupnya sangat aktif)

Setujuuuuuuuuuuuuuu

NURA mengatakan...

salam sobat
iya mas,,saya ngga lupakan asupan karbohidratnya selain sayur ,lauk dan buahnya juga susu.

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

oh tentu saja, terlebih karbohidrat kompleks untuk sarapan pagi :)

AWARD
AWARD KE 1 AWARD KE 2 AWARD KE 2
Grab this Widget ~ Blogger Accessories