sahabat

Kualitas melalui kuantitas


Ada orang yang menulis posting akhir hari, kadang-kadang minggu. Ada orang yang mempoler blognya seperti  membilas logam perhiasan  di rak-rak dan lemari. Ada orang yang sebelum menambahkan Adjectives setiap noun, sebuah frase yang dijerat dengan frase kalimat milik lainnya. Beberapa orang menulis paragraf tanpa

Satu posting yang populer bisa menghasilkan lebih banyak trafik dan link dibandingkan jumlah trafik selama satu bulan karena posting yang biasa saja (tidak populer).

Luangkan Banyak Waktu

Ingat, waktu lebih penting daripada bakat. Misalnya kita bekerja untuk sesuatu selama 7 jam, pasti hasilnya akan lebih baik dibandingkan hanya menghabiskan waktu 1 jam saja. Meskipun untuk membuat posting yang berbobot kita tidak pelu menghabiskan waktu selama itu. Tapi intinya, semakin banyak waktu yang kita curahkan untuk membuat posting bermutu, semakin besar pula peluang kita untuk dapat memperhalus, memformat, dan menampilkan posting dengan hal-hal yang lebih bernilai. Gunakan waktu dengan sungguh-sungguh agar konten yang kita hasilkan juga sungguh-sungguh berkualitas.

Gunakan Ide Terbaik

Sebuah posting tidak pernah menjadi populer kecuali benar-benar dibutuhkan orang dan berisi kebenaran. Adakah sesuatu dari keahlian kita yang yang ingin kita tuangkan dalam tulisan tetapi belum pernah ditulis orang? Sebuah posting yang membantu orang lain akan semakin bernilai dan dihargai banyak orang.

Judul Mengispirasi

Hanya sedikit blogger yang ahli dalam membuat judul untuk media sosial. Termasuk saya sendiri yang masih merasa kesulitan untuk membuat judul yang benar-benar bisa menghipnotis orang. Headline yang bagus dan menginspirasi lebih menarik minat pembaca untuk mengetahui isi posting dan mengunjungi blog kita. Jujur saja, hingga saat artikel ini ditulis, saya hanya sekali mendapat vote 200-an di LintasBerita.com yang membahas tentang Microsoft yang memberikan baris kode driver kepada komunitas Linux.

Masukkan Banyak Hal yang Berguna

Semakin banyak hal-hal bermanfaat yang kita masukkan dalam postingan, akan membuat orang semakin tertarik untuk membaca. Misalnya, kenapa tidak sekalian saja membuat posting yang memberikan 20 tips daripada hanya berisi 5 tips.

Tampilkan dalam Format yang Menarik

Sebuah posting yang terlihat bagus akan lebih menarik minat pembaca. Pertimbangkanlah memasukkan image, thumbnail dan format-format menarik lainnya, Tapi ingat, hal-hal yang diperlukan saja. Jika terlalu berantakan, bisa membuat pembaca kita menilai bahwa kita tidak profesional.

Beritahu Apa yang Anda Ceritakan

Pembaca lebih sering mengabaikan kata pembuka. Kita cukup memuat sedikit kata saja, terutama bila menulis untuk pembaca yang tak sabaran, yaitu pembaca yang ingin langsung mendapatkan tips, tutorial atau opini dari kita. Gunakan kata pengantar untuk untuk memberitahu mengapa pengunjung perlu melanjutkan membaca artikel kita. Kita bisa menggunakan kata-kata seperti ini: “Dalam artikel ini kita akan membahas tentang ini, ini dan itu.” Dan orang cenderung berpikir “Apa yang akan saya dapatkan dengan membaca artikel ini?”

Kirimkan Pesan Link

Cara terbaik mendapatkan perhatian blogger lain adalah dengan me-link ke blog mereka. Jika posting kita benar-benar bagus, setiap link di dalamnya dapat menarik trafik dari luar. Jangan sungkan-sungkan memberi link ke blog lain ketika menulis artikel. Selain promosi bagi mereka, kemungkinan mereka pun akan memberikan link serupa untuk blog kita pada postingannya.

Gunakan Network

Jika orang ingin memasukkan posting kita dalam Digg, Stumble atau Reddit, memang dibutuhkan sedikit usaha. Caranya, memelihara pembaca yang setia dengan selalu memberi mereka posting-posting yang menghibur, mengajari, dan membantu.

Analisa Artikel Anda

Pelajari artikel kita sebelumnya. Hal umum apa saja yang ada dalam artikel tersebut. Mengapa postingan tersebut menjadi tidak populer? Jadi, memang penting mempelajari kembali apa yang telah membuat artikel kita populer. Selain itu, perlu juga menganalisa postingan populer di blog lain. Apa yang membuatnya populer? Apa saja dari isinya yang luar biasa? Setelah mengetahuinya, kita bisa mentransfernya ke dalam tulisan kita. (Komputek, 608)


1 komentar:

أبو عبدالله يزيد mengatakan...

salam aja dari blog tetangga

AWARD
AWARD KE 1 AWARD KE 2 AWARD KE 2
Grab this Widget ~ Blogger Accessories