sahabat

Dulu Mars ada lautnya ???




Artikel ini saya dapat disini

Para ahli menandai jalan sungai yang pernah mengalir dari dataran tinggi di selatan planet ke laut besar. Bukti menunjukkan bahwa miliaran tahun yang lalu, Mars mempunyai iklim benua gersang, daerah kering mirip dengan Bumi. Hujan akan jatuh secara teratur, pembengkakan sungai-sungai dan lautan di atas baskom. Seperti periode basah di awal sejarah planet ini.

Sampai sekarang satu-satunya peta global jaringan lembah Mars yang ada salah satunya dari citra satelit pada tahun 1990-an. Ini menunjukkan bahwa jaringan lembah jauh lebih jarang di Mars daripada di Bumi, sehingga memberikan keraguan bahwa sabuk lembah diciptakan oleh limpasan erosi oleh sungai. Penjelasan alternatif, dikenal sebagai "menguras air tanah" yaitu air yang merembes keluar dari tanah mengikis saluran.

Peta baru dengan analisis komputer dan data satelit, menunjukkan bahwa beberapa daerah lembah Mars memiliki jaringan hampir sama padat seperti yang di Bumi. "Ini sulit untuk membantah bahwa limpasan erosi sebagai mekanisme utama jaringan lembah Mars," kata Profesor Wei Luo, dari Northern Illinois University di AS, yang memimpin penelitian.

Pola sabuk jaringan lembah yang terbaik bisa dijelaskan jika ada laut besar di utara, kata para ilmuwan yang dipublikasikan di Journal of Geophysical Research, Planets. Permukaan Mars dicirikan oleh dataran rendah yang sebagian besar terletak di belahan utara dan sebagian besar dataran tinggi di selatan planet. Sebuah laut lebar mungkin pernah menutupi wilayah utara dataran rendah di mana ada saat ini. "Semua bukti yang dikumpulkan dalam menganalisis jaringan lembah pada peta baru menunjuk pada sebuah skenario iklim tertentu pada awal Mars purba. Termasuk curah hujan dan adanya lautan yang meliputi sebagian besar dari belahan utara atau kira-kira sepertiga dari permukaan planet," kata Prof Luo.

Fitur yang menyerupai lembah-lembah sungai kering di Mars telah hangat diperdebatkan oleh para ilmuwan sejak ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Mariner 9 pada tahun 1971. Tetapi menurut peneliti AS, keberadaan jaringan lembah diremehkan hingga kini. Dr Tomasz Stepinski, dari Lunar dan Planetary Institute di Houston, Texas, mengatakan, "Satu-satunya peta global jaringan lembah lainnya diproduksi pada 1990-an dengan melihat gambar di atas mereka, jadi sudah cukup lengkap dan tidak benar terdaftar dengan datum saat ini. Peta kami diciptakan semi-otomatis, dengan algoritma komputer bekerja dari data topografi yang mengekstrak jaringan lembah. Itu lebih lengkap dan menunjukkan banyak lagi jaringan lembah. Kehadiran lembah menunjukkan bahwa kemungkinan besar hujan turun pada Mars purba, sedangkan pola global menunjukkan sabuk lembah ini dapat dijelaskan jika ada laut utara yang besar."

Prof Luo mengatakan, "Laut tunggal di belahan utara akan menjelaskan mengapa ada batas selatan dengan kehadiran jaringan lembah. Daerah selatan Mars yang terletak jauh dari penampungan air akan mendapat sedikit curah hujan dan tidak akan muncul lembah-lembah. Ini juga menjelaskan mengapa lembah-lembah menjadi dangkal karena anda menyisir dari utara ke selatan, yang menjadi permasalahan. Hujan akan dibatasi untuk sebagian besar area di atas lautan dan di sekitar permukaan tanah secara langsung, yang berhubungan dengan pola sabuk seperti lembah yang terlihat di peta baru kami."


4 komentar:

Sohra Rusdi mengatakan...

informasiyang sangat berharga mas

Ninneta - MissPlum mengatakan...

aku pernah nonton sih tentang ini... katanya sih bener mas....

NURA mengatakan...

salam sobat
wah artikelnya menambah pengetahuan saya,,
saya belum paham kalau dulu Mars ada lautnya.
ternyata Mars memiliki iklim benua gersang daerah kering mirip dengan bumi.

Aulawi Ahmad mengatakan...

wah info yg menarik bro, tapi memang katanya itu bener ada, tapi gak tau juga ya pastinya soalnya belum ada manusia yg mendarat di mars :)

AWARD
AWARD KE 1 AWARD KE 2 AWARD KE 2
Grab this Widget ~ Blogger Accessories